Home » » Perbedaan sugesti dan motivasi dan cara membedakannya | agar tidak terjeremus sugesti

Perbedaan sugesti dan motivasi dan cara membedakannya | agar tidak terjeremus sugesti

Dalam kehidupan di dunia ini kita sering sekali mendapat pengaruh dari lingkungan. Entah itu pengaruh yang membuat kita semakin baik atau atau malah semakin buruk.

Di dalam kehidupan kita sering kali mendapat sugesti dan motivasi.

Ehem....

Kali ini saya akan menjadi guru bahasa Indonesia mencoba menjelaskan makna dari kedua kata tersebut.

sugesti adalah suatu pengaruh dari orang lain yang hasilnya cenderung negatif karena sugesti biasa terjadi pada orang-orang yang umumnya sedang emosional sehingga tak mampu berpikir rasional dan logis akibatnya terkena sugesti. Selain itu sugesti juga biasa disebarkan disampaikan oleh orang-orang tertentu (biasanya memiliki derajat yang lebih tinggi dari pada objek yang di sugesti) seperti pejabat, orang tua, artis, atau orang terpandang.

motivasi

Mempunyai tujuan yang berkebalikan dengan sugesti. You know, motivasi suatu hal atau perkataan yang bisa memberi semangat pada kita.

Mungkin juga motivasi datang saat kita sedang terpuruk atau emosional. Oleh karena itu, motivasi datang untuk menyemangati anda.

Motivasi datang tidak harus dari orang yang lebih berwibawa. hal ini juga tidak menjamin bahwa sugesti selalu datang dari orang yang berwibawa

Sebabnya untuk bisa membedakan antara sugesti dan motivasi kita harus hentikan rasa emosional kita, agar dapat berpikir logis dan kritis sehingga tidak mudah terhasud orang lain.

7 comments: